SIG

Senin, 29 Maret 2010

Diposting oleh kirafarm

SIG dalam bahasa inggris disebut Geographic Information System disingkat GIS, merupakan sistem informasi khusus yang mengolah data spasial. atau lebih singkatnya adalah sistem komputer yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan, mengelola, dan menampilkan sebuah referensi geografi. teknologi SID dapat digunakan untuk perencanaan pembangunan, investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, kartografi, perencanaan rute dan sebagainya. pada gua yang terdapat di Perancis terdapat gambar sebuah mangsa sebuah pemburu besrta rute migrasi hewan tersebut, ini terjadi sekitar 35000SM. dari penemuan di gua tersebut menjadi dasar SIG yaitu gambar dan garis. kemudian pada abad 18 teknik survey modern untuk pemetaan topogafis dikembangkan, kemudian abad 20 merupakan pengembangan SIG secara besar. dimulai pada tahun 1967 dimana awal pengembangan SID diterapkan di ontario, Ottawa oleh departement energi, pertambangan dan sumber daya. yang dikembangkan oleh Roger Tomlison, yang kemudian disebut CGIS ( Canadian GIS-Kanada SIG) yang digunakan untuk menyimpan, mengolah data dan menganalisis pada invetaris pertanahan kanada. CGIS merupakan sistem pertama di dunia dan hasil dari perbaikan aplikasi pemetaan yang memiliki kemampuan timpang susun (overlay), penghitungan, pendijitalan/pemindaian (digitizing/scanning), mendukung sistem koordinat national yang membentang di atas benua Amerika , memasukkan garis sebagai arc yang memiliki topologi dan menyimpan atribut dan informasi lokasional pada berkas terpisah. Pengembangya, seorang geografer bernama Roger Tomlinson kemudian disebut "Bapak SIG".

~ terdapat berbagai masam SID dari yang dari online sampai sofware.
# untuk yang online terdapat berbagai situs yang ada dan gratis. dengan memakai ini kita tidak perlu menginstal  pada komputer, tinggal melihat apa yang ingin di lihat.alamat webnya adalah
    -  http://grass.itc.it
         web ini menunjukan kontur tanah yang ingin dilihat misal jawa timur, gambarnya :


    -  http://webgis.bgl.esdm.go.id/gisbgl/
           pada web ini lebih pada bahan sumberdaya alam yang dapat diperbaharui sampai bahan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui. web ini merupakan web asli indonesia.
  # untuk yang menginstal software, ada berbgai macam software. softwarex dari :
    - google earth
    - Map Suite Desktop Eval Setup
    - Map Suite Desktop Evaluation Edition 3.0
    dan berbagi macamnya.....

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan beri penilaian blog ku?